7 Hal Penting Bagi Tracker dalam Mengunjungi Suatu Tempat



Sebelum melakukan tracking ke suatu tempat, baik hutan, gunung ataupun kehidupan sosial masyarakat ada baiknya para tracker mengetahui dan mempersiapkan beberapa hal. Setidaknya ada 7 hal penting dan genting yang harus dimiliki para tracker sebelum dan ketika berada pada lokasi. Mungkin masih banyak hal lain yang juga tidak kalah pentingnya dari 7 hal yang disampaikan berikut ini. Berdasarkan pengalaman beberapa kali melakukan tracking maka kita perlu melakukan dan mempersiapkan hal berikut:

  1.      Mengenali tujuan. Hal ini sangat penting terutama jarak yang akan ditempuh, bagaimana cara menempuhnya, bagaimana kontur (fisik alam) yang akan dilalui dan bagaimana kehidupan sosial masyarakatnya. Jarak sangat penting untuk diketahui, hal ini tentunya akan berkaitan dengan waktu dan berujung pada logistic. Bayangkan jika dalam perkiraan hanya sehari sedangkan di lapangan harus ditempuh tiga hari maka akan terjadi kelaparan. Cara menuju lokasi juga penting, apakai dapat dicapai dengan kendaraan, kendaraan tipe apa yang dapat digunakan, apakah harus jalan kaki dan sebagainya sangat perlu diperhitungkan sebelum memulai perjalanan. Sedangkan kontur juga penting dipahami karena bekaitan juga dengan waktu tempuh dan persiapan kondisi fisik para tracker. Terakhir, perlu diketahui kehidupan sosial masyarakatnya secara dangkal saja. Hal ini agar tidak terjadi kecurigaan oleh masyarakat. Cara paling gampang mengenali kehidupan sosial masyarakat tujuan tracker adalah minum di warung kopi atau membeli sesuatu. Kemudian ajak sedikit ngobrol pemilik warung atau orang yang ada.
  2. Logistic. Perjalanan menuju suatu tempat pasti berkaitan dengan waktu. Para tracker harus tahu berapa lama ia akan melakukan perjalanan dan situasi lapangan. Apakah membawa bekal sepenuhnya dari rumah atau dapat dibeli sebagian di sekitar tujuan. Bawalah makanan dan air secukupnya, jangan berlebihan karena hanya akan menambah beban saja. Jika dipastikan dapat diperoleh di tujuan maka bawa makanan ringan saja. Pakaian juga sangat penting dipersiapkan, namun jangan sampai merepotkan anda karena kebanyakan. Usahakan jenis pakaian yang dibawa ringan dan mudah dikeringkan. Logistic yang tidak kalah pentingnya dibawa adalah tenda, pisau, senter, dan obat-obatan, kamera, ponsel, baterai(charger) dan uang seperlunya.
  3. Mempersiapkan fisik. Apabila dalam kondisi kurang sehat maka sebaiknya tidak melakukan tracking. Kondisi fisik yang sehat akan memperlancar kegiatan.
  4. Mitos setempat. Sangat penting untuk mengetahui mitos setempat dan tidak ambil risiko terhadap hal buruk dari mitos. Mitos akan berkaitan dengan anjuran dan larangan selama di lokasi. Meskipun demikian, tidak berarti anda harus mengganti keyakinan anda. Anda tentunya tidak ingin tubuh dan jiwa anda terganggu hanya karena sebuah tindakan konyol bukan? 
  5.    TIM. Memang anda bisa melakukan perjalanan secara sendiri, namun risiko juga akan semakin besar. Sebaiknya ketika anda ingin melakukan tracking ke alam berupa hutan atau gunung sebaiknya dilakukan secara tim. Jumlah anggota tim dapat anda sesuaikan dengan lamanya kegiatan. Solidaritas tim yang baik akan sangat memperlancar kegiatan tracker anda.
  6. Tidak mengganggu habitat alam. Hal ini sangat penting untuk tetap menjaga kelestarian tempat yang ingin anda kunjungi itu. Usahakan untuk tidak meninggalkan limbah terutama sampah plastic. Hal ini untuk menghindari risiko sampah tersebut dimakan satwa atau mencemari lingkungan. Juga jangan pernah menngganggu kehidupan hewan termasuk memberikannya makanan karena dapat mengubah sifat aslinya.
  7. Dokumentasi. Siapa percaya kepada omongan besar? Tidak aka nada yang percaya pada cerita pengalaman seru anda tanpa ada bukti berupa dokumentasi. Anda dapat menggunakan kamera saku atau kamera handphone anda sebagai alat dokumentasi perjalanan anda. Hal ini juga tentunya akan memperingan beban. Selain itu dengan adanya dokumentasi maka promosi tempat tersebut juga akan lebih mudah.

Dokumentasi Tracking Lau Simbiring, Perbatasan Karo dan Deli Serdang, Kiri-Kanan: Stepanus Purba, Salmen Sembiring, Terangta Tarigan, S.Sos

Demikian artikel singkat ini dituliskan, semoga bermanfaat bagi tracker sekalian. Majulah Wisata Indonesia! Majulah Wisata Sumatra Timur!
Salmen Sembiring,
Karo Tracker Community

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karo Berry (sebuah kenangan masa kecil)

Kerja Tahun Saat Ini

"Terites" secara sosiologis