“Ropah” untuk Pertolongan Pertama Luka Bakar




Tentu tidak ada diantara kita yang ingin mengalami luka, termasuk luka bakar. Namun, kejadian demikian tidak bisa tidak terjadi baik di anggota keluarga atau di tetangga kita. Anak-anak adalah kelompok usia yang paling rentan mengalami luka bakar. Mereka dapat mengalami hal demikian bisa saja karena kurang mengerti tentang peringatan suatu alat, atau bermain dekan dengan sumber api/panas. Orang dewasa juga tentunya tidak akan terlepas dari risiko mengalami luka bakar. Luka bakar, jika tidak cepat dan tepat penanganannya maka akan meninggalkan bekas luka yang cukup mengganggu. Apabila lukanya cukup parah bisa saja bekas lukanya berwarna putih belang yang tentunya akan sangat mengganggu bila terkena pada bagian tubuh yang jarang tertutup pakaian. Anda tidak mau orang tersayang anda mengalami demikian bukan. Luangkan waktu sejenak untuk menghindari hal tersebut dengan membaca artikel ini.
Ramuan untuk mencegah luka bakar agar tidak meninggalkan bekas adalah getah ropah atau sering disebut jipang atau labu hijau. Bagian yang digunakan adalah getah jipang tersebut. Setidaknya di kalangan Suku Karo ada tiga jenis jipang yang dikenal yakni jipang biasa (hijau muda), ropah ratah (hijau lumut), dan ropah mbulan (putih krem). Ketiganya digunakan sebagai sayur dan makanan ternak. Ketiganya juga dapat digunakan sebagai obat luka bakar tersebut, namun yang paling banyak getahnya dalah jenis jipang hijau lumut (hijau tua).
Alat dan bahan:
3 atau 4 buah jipang
1 pisau cutter
Kain lap

Salah satu jenis jipang, ropah mbulan (berwarna putih krem)


Pertama siapkan tiga atau empat buah jipang. Caranya adalah potong bagian pangkal jipang sekitar satu atau dua centimeter, maka getahnya akan mulai keluar. Teteskan getah tersebut ke luka yang terkena bakar tersebut. Setelah getahnya mulai berkurang, potong lagi sekitar satu centimeter demikian seterusnya sampai luka terasa dingin. Getah yang mengalir atau jatuh ke lantai agar dilap dengan kain lap untuk menghindari kekotoran lantai.
Luka yang dapat hilang bekasnya dengan getah jipang ini adalah luka yang belum lebih satu jam kejadiannya. Jika kejadiannya sudah lebih satu jam maka bekas luka akan tetap muncul walaupun tidak seperti biasanya. Dan apabila luka bakar mencapai diatas 20% bagian tubuh maka segeralah bawa ker rumah sakit terdekat dan tetap memakai ramuan ini sebagai pendamping. Selamat berbagi info bagi orang-orang di sekitar anda. Semoga bermanfaat.

Salmen Kembaren
Sosiolog dan Pemerhati Lingkungan
Karo Tracker Community

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karo Berry (sebuah kenangan masa kecil)

Kerja Tahun Saat Ini

"Terites" secara sosiologis