Logo dan Semangat Baru Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

        Tanggal 10 November 2014, bertepatan dengan peringatan hari pahlawan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia akhirnya mengeluarkan logo baru. Logo yang baru ini terlihat seperti kombinasi antara logo kementerian kehutanan dan logo kementerian lingkungan hidup. Ada lima dasar warna dalam logo baru itu yakni cokelat, kuning emas, hijau, biru, hitam dan putih. Bersamaan dengan spirit kepahlawanan maka dengan logo yang baru ini diharapkan juga semangat kementerian ini selalu didasari semangat perjuangan untuk kelestarian hutan dan lingkungan.
 Logo Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
         Ada sembilan makna dari logo kementerian baru tersebut sesuai Keputusan Menteri No. SK.899/Menhut-II/2014, yakni:
  1. Lingkaran luar berwarna cokelat melambangkan pembangunan yang tidak mengenal kata akhir untuk mewujudkan kelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat.
  2. Lingkaran berwarna biru melambangkan alam semesta.
  3. Batang, cabang pohon berwarna hijau dan akar pohon berakar emas, gambaran utuh Kalpataru yang memiliki arti tatanan lingkungan yang serasi, selaras dan seimbang serta melambangkan hutan, tanah, air, udara dan makhluk hidup.
  4. Pohon hijau melambangkan hutan yang subur yang berfungsi dalam upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan hidup.
  5. Pohon dan akar berwarna hitam melambangkan hutan sebagai sarana pendukung pembangunan nasional perlu dikelola secara produktif dan lesatari.
  6. Warna dasar coklat di dalam lingkaran melambangkan tanah yang subur berkat usaha penghijauan, rebosisasi dan konsercasi tanah, serta usaha lainnya yang dilakukan terus menerus.
  7. Warna hitam di atas akar berwarna emas melambangkan lapisan tanah yang subur.
  8. Warna biru di bawah pohon melambangkuan fungsi hutan sebagai pengatur tata air.
  9. Warna putih di bawah pohon melambangkan sumber air untuk kelangsungan kehidupan.
        Dengan demikian maka kementerian kehutanan setidaknya mulai bekerja, bekerja dan bekerja sesuai makna lambang yang sesungghnya mengandung tujuan dari kementerian ini. Selamat bekerja!

Salmen Sembiring, S.Sos
Sosiolog dan Pemerhati Lingkungan 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Karo Berry (sebuah kenangan masa kecil)

Kerja Tahun Saat Ini

"Terites" secara sosiologis